Beauty News


beautysalon-face

Dr rochelle skin expert

KEBIASAAN YG DAPAT Mempercepat Penuanan Dini

Setiap orang pasti akan tua. Namun, bagaimana bila tanda-tanda penuaan itu muncul lebih awal? Wah, tentu hal tersebut akan sangat mengganggu. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan penuaan terjadi lebih awal, atau biasa disebut sebagai penuaan dini. Misalkan saja kebiasaan kita yang sering tidur tengkurap atau tidur dengan posisi menyamping. Menghilangkan kebiasaan tidur tengkurap sangat baik, karena kebiasaan ini menimbulkan garis kerutan halus diwajah,

an pada akhirnya mempercepat timbulnya kerutan pada wajah. Nah, itu baru satu kebiasaan. Lalu, apa saja kebiasaan yang mempercepat penuaan dini?

Penuaan dini biasa terjadi karena adanya kebiasaan yang membuat tubuh menjadi tidak sehat. Salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak menyehatkan. Misalkan saja sering mengonsumsi alkohol. Alkohol dapat membuat pembuluh darah menjadi lebar dan meningkatkan aliran darah pada permukaan kulit. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan permanen pada pembuluh darah di kulit sehingga tampilan kulit menjadi tidak indah. Selain itu, makanan yang tidak menyehatkan biasanya tidak mengandung antioksidan. Padahal, manfaat antikoksidant

Penting untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Kebiasaan lain yang dapat mempercepat penuaan dini adalah kebiasaan kita yang terpapar asap rokok. Baik perokok aktif maupun perokok pasif memiliki risiko tinggi mengalami penuaan dini karena adanya asap rokok. Asap rokok ini mampu menguras vitamin C dalam tubuh. Padahal, vitamin C inilah yang melembapkan dan mengenyalkan kulit. Akibatnya, kulit kita menjadi kering dan berkerut.

Terkena sinar matahari secara berlebihan, terutama tanpa perlindungan, adalah salah satu kebiasaan yang mempercepat penuaan dini. Sinar matahari merupakan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit yang pada akhirnya menyebabkan penuaan dini, belum lagi sinar UV yang berbahaya untuk kulit. Dengan adanya paparan sinar matahari, kulit kita bisa menjadi belang dan berbintik-bintik. Bintik-bintik ini akan berubah menjadi noda cokelat di kulit. Selain itu, sinar matahari dapat membuat kulit menjadi berkerut, kendur, bahkan berisiko menyebabkan kanker kulit.

Olahraga. Biasanya orang berpikir bahwa kurang olahraga akan membuat seseorang menjadi gemuk dan tidak sehat. Tidak salah. Akan tetapi, di luar itu, kurangnya olahraga tidak hanya membuat orang mengalami kegemukan, tetapi juga membuat seseorang lebih cepat mengalami penuaan dini. Olahraga akan membuat peredaran menjadi lebih lancar. Dengan kata lain, kurangnya olahraga akan membuat peredaran darah menjadi tidak lancar dan hal ini tidak baik untuk kulit.

Kebiasaan begadang juga bisa menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini lebih awal. Mata panda serta kantung mata bisa muncul di wajah saat kita kurang tidur. Selain itu, saat kurang tidur kita akan nampak lelah, dan kita lebih rentan mengalami stres. Padahal, stres merupakan salah satu kebiasaan yang juga mempercepat penuaan dini. Stres akibat tekanan, akibat kelelahan, hingga akibat kurang tidur dapat membuat ekspresi muka kita menjadi tegang dan tidak rileks. Selain itu, saat kita stres, tubuh kita pun akan merasa stres. Hal ini tentu memicu terjadinya penuaan dini.

Banyak kebiasaan yang mempercepat penuaan dini, seperti terlalu sering berada di tempat yang dingin, menggunakan kosmetik yang salah, hingga kebiasaan merokok yang dapat menimbulkan kerutan pada mulut. Akan tetapi, banyak juga kebiasaan yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Semakin cepat kebiasaan yang baik itu kita mulai, tentu penuaan dini akan lebih mudah kita cegah.

“Disclaimer” ** : Masih Terdapat kemungkinan bahwa proses reaksi dan hasil yang diperoleh dapat berbeda untuk setiap individu,dan kami tidak memberikan garansi pada setiap pengguna, karena informasi yang kami berikan hanya untuk referensi para pengguna.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *